Skip to main content

Persiapan Rapat Penyusunan LKPJ ... Angka Kreditnya gimana ya?

Halo..
Ketemu lagi nih..
Kali ini saya akan bahas mengenai rapat persiapan LKPJ yang bisa jadi angka kredit...
Awalnya saya juga bingung,, apa bisa ya dijadiin angka kredit.. padahal cuma rapat persiapan biasa..
Nah berhubung saya coba "ngulik", ternyata bisa juga,  ya lumayan lah,, walaupun angkanya kecil tapi setidaknya udah bisa dapetin angka kredit tersebut..
apalagi sekarang musim nyusun LKPJ kan...??? nah kita coba liat sama-sama laporannya ya..



Laporan Rapat Penyusunan Rencana Kerja
Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Tahun 2017


Penyajian Latar Belakang Masalah (0,1)
Penyusunan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Walikota Tahun 2017 sedikit berbeda dengan penyusunan LKPJ tahunan yang biasa dilakukan. Hal ini lebih disebabkan adanya Pilkada Serentak yang dilakukan dibeberapa wilayah sehingga ada yang mengalami percepatan dalam masa jabatannya dan ada juga beberapa yang mengalami penundaan dalam masa jabatannya.
Pemilihan Kepala daerah di Kota Tasikmalaya dilaksanakan pada Bulan Februari 2017 bersamaan dengan Pilkada dibeberapa daerah diantaranya Provinsi DKI Jakarta. Pada saat pemilihan pilkada tersebut, terpilihlah Pasangan Walikota dan Wakil Walikota Drs. H. Budi Budiman dan Drs. H. M. Yusuf yang mana Walikota terpilih merupakan pertahana.
Walikota dan Wakil Walikota lama (Drs. H. Budi Budiman dan Ir. H. Dede Sudrajat) masih memiliki waktu pengabdian sampai dengan bulan November 2017 ketika pelantikan telah dilaksanakan. Dengan kata lain, untuk penyusunan LKJP Tahun 2017 sebagian berada pada masa periode RPJMD 2012 – 2017 dengan kepemimpinan Drs. H. Budi Budiman dan Ir. H. Dede Sudrajat dan sebagian kecil masa kepemimpian Drs. H. Budi Budiman dan Drs. H. M. Yusuf.

Menentukan Jenis Permasalahan (0,1)
Dalam penyusunan LKJP 2017 ini ada sedikit perbedaan pandangan yaitu beberapa orang menganggap LKJP ini cukup dilaksanakan mulai dari Laporan Akhir Masa Jabatan saja tidak perlu dari awal, namun ada beberapa orang yang mengganggap LKPJ 2017 harus dimulai dari awal sampai akhir tahun walaupun ada 2 (dua) masa kepemimpinan.

Menulis saran mengenai Tindak Lanjut yang diperlukan dalam perencanaan sektor tunggal (0,1)
Melihat dari kecenderungan beberapa sumber permasalahan tersebut diatas, maka penulis menyarankan :
1.      Mencermati lebih jauh mengenai aturan hukum yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2007 tentang Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Kepada Pemerintah, Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Kepala Daerah Kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, dan Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Kepada Masyarakat.
2.      Mengikuti arahan yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Tersebut.


Melakukan Studi Pustaka yang Memperkuat Landasan/Kerangka Logis. (0,2)
Dasar Hukum Penyusunan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Walikota Tasikmalaya
Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2007 tentang Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Kepada Pemerintah, Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Kepala Daerah Kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, dan Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Kepada Masyarakat pasal 25 dijelaskan bahwa sisa waktu penyelenggaraan pemerintah daerah yang belum dilaporkan dalam LKPJ oleh kepala daerah yang berakhir masa jabatannya, dilaporkan oleh kepala daerah terpilih atau pejabat kepala daerah atau pelaksana tugas kepala daerah berdasarkan laporan dalam memori serah terima jabatan.
Dengan demikian sudah sangat jelas bahwa polemik yang ada mengenai waktu pelaksanaan LKPJ Walikota Tasikmalaya Tahun 2017 sudah dapat terjawab, bahwa untuk jeda waktu antara pelantikan dengan laporan akhir masa jabatan dapat dilakukan dengan memori serah terima jabatan yang dilakukan oleh Walikota terpilih kepada DPRD.


Nah.. itu contonya,, dan inget,, sebenernya klo mau lebih rajin lagi bisa loh kita dapat angka kredit lebih,,, untuk sementara cukup 0,44 dulu.. selebihnya silahkan bisa ditambahin butir perencanaannya...


Kode Butir Kegiatan
Unsur/Sub. Unsur
Angka Kredit
II.A.11
Penyajian Latar Belakang Masalah
0,1
II.A.16
Menentukan jenis permasalahan
0,1
II.B.2
Melakukan Studi Pustaka yang Memperkuat Landasan/Kerangka Logis
0,16
II.F.25
Menulis Saran Mengenai Tindak Lanjut yang Diperlukan Dalam Perencanaan Proyek Sektor Tunggal
0,08

JUMLAH
0,44

oke, terima kasih  untuk mau berbagi dan melihat contoh laporan angka kredit ini, semoga ada manfaatnya,,, seperti biasa,, ditunggu saran dan komentarnya..

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Mengaji di LDII

Sebelumnya perkenalkan nama saya sandy perdana, anak-anak biasanya panggil saya sandy. Aku lahir kurang lebih 28 tahun yang lalu, tepatnya bulan oktober tahun 1980. Domisili aku pada saat itu di kota bandung di komplek margahayu raya, mungkin nama kompleks ini bagi orang bandung sudah tidak asing lagi karena terkenal kompleks yang dibangun awal tahun 1980an. Lingkungan aku bermain mulai aku kecil sampai menginjak smp sangat mendukung, dalam arti kebetulan penghuni di kompleks tersebut sepantaran dengan aku sehingga aku tidak menemui kendala dalam bermain. Seperti biasa kegiatan dari kecil sampai smp sering dilakukan bersama-sama, mulai sepulang sekolah,kita bermain dilapangan, kebetulan setiap rw punya lapangan masing-masing yang telah disediakan oleh pihak developer. Pada saat itu, hampir sebagai rutinitas kita bermain di sore hari, setelah itu orang tua kami selalu mewanti-wanti agar setelah bermain disore hari, segera mandi dan bersiap-siap untuk ke mesjid. Kebetulan mesjid di

SUCCESS STORY PROGRAM PERCEPATAN PEMBANGUNAN SANITASI PERMUKIMAN (PPSP) KOTA TASIKMALAYA

LAPORAN KARYA TULIS SUCCESS STORY PROGRAM PERCEPATAN PEMBANGUNAN SANITASI PERMUKIMAN (PPSP) KOTA TASIKMALAYA I. PENDAHULUAN Program Nasional Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman (PPSP) merupakan program yang diluncurkan pemerintah pusat melalui Kelompok Kerja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) Nasional yang keanggotaannya meliputi 8 (delapan) Kementerian yaitu : Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Kesehatan, Kementerian Perumahan Rakyat dan Kementerian Keuangan. Program ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memperbaiki kondisi sanitasi di Indonesia dengan mengarustamakan percepatan pembangunan sektor sanitasi, dalam rangka pencapaian target RPJMN 2010 – 2014 dan MDG’s 2015. II. SEJARAH PPSP DI KOTA TASIKMALAYA Keikutsertaan Kota Tasikmalaya dalam Program PPSP dimulai melalui pernyataan surat minat untuk mengikuti

Mau Jadi Fungsional Perencana??? Yakin... coba baca dulu ya...

Mau Jadi Fungsional Perencana??? Yakin... coba baca dulu ya... Hai.. selamat pagi... Oke, kali ini saya akan membahas tentang apa yang harus diketahui sebelum memilih untuk mengambil Jabatan Fungsional Perencana. Mungkin banyak disini teman-teman yang bertanya, kenapa sih ngambil fungsional perencana, koq ngga ke struktural/jabatan administrator, ih sayang loh,, kan punya potensi, emang gak bosen klo nanti ambil fungsional, nanti klo jadi fungsional ngga punya kebijakan loh atau yang lebih parah, fungsional merupakan orang-orang buangan... oke,, mungkin itu beberapa pertanyaan dari sekian banyak pertanyaan yang nyangkut sama saya. Dari sekian pertanyaan tersebut diatas, saya sendiri ngga mau ambil pusing, yang jelas saya mencoba menyampaikan apa yang saya rasakan sendiri sebagai fungsional perencana. Oke kita mulai ya,, oiya,, persiapkan cemilannya, karena ini lumayan menguras pikiran anda...hehehe.. Berawal dari tahun 2011, ada informasi dari Pusbindiklatren Bappen